Search This Blog

Thursday, December 28, 2017

Situ Cileunca

Kalo pulang trip dari pantai Santolo atau pantai Ranca Buaya, saya pasti melewati jalur pangalengan dan cukup sering melewati tempat ini, situ cileunca..
Diliat dari jalan raya, situ atau danau ini memang indah dan sangat luas, dan setiap weekend ramai dikunjungi para wisatawan..
Dan kali ini sudah ketiga kalinya saya masuk ke objek wisata ini..

Kali pertama ke sini karna ingin arung jeram di sungai palayangan, kali kedua hanya berdua dengan suami menikmati suasana dan naik perahu, dan sekarang kali ketiga dalam rangka mengajak saudara-saudara saya dari jakarta  yang lagi liburan untuk menikmati suasana danau dan sekaligus arung jeram juga di sungai nya..

Saya surprise juga, ternyata sekarang kawasan ini sudah di renovasi, tempatnya jadi lebih rapih dan bersih..
Warung-warung makanan dari kayu sudah diganti dengan bangunan yang lebih permanen dan berderet rapih menghadap langsung ke danau..
Warung-warung tersebut menawarkan berbagai macam variasi kuliner dan toko-toko pakaian maupun souvenir..
Di depan danau nya juga dipasang tugu besar-besar, bertuliskan ‘situ cileunca’..
Cocok sebagai background selfie dan foto-foto.. :D

Salut juga saya, hanya dalam hitungan dua tahun, kawasan ini sudah bertransformasi jadi lebih baik demi mengikuti perkembangan market wisata di kawasan bandung raya yang semakin kompetitif..

Oiya, untuk tiket masuknya murah banget, hanya 5 ribu per orang..
Dan tiket parkir mobil hanya 4 ribu aja..
Kalo mau naik perahu, bayarnya 150 ribu per perahu, kalo mau jatohnya lebih murah sekali naik perahu mesti banyakan atau barengan dengan wisatawan lain..

Bagi pecinta adrenalin, di sini bisa sekaligus arung jeram juga di sungai palayangan, lokasinya persis di sebrang situ cileunca..
Para guide arung jeram nya gampang ditemui di sini, kadang mereka sendiri yang menawarkan paket arung jeramnya..

Untuk bahasan arung jeram saya ceritakan di artikel terpisah ya.. J

Kesimpulannya, ga bakalan rugi ko wisata ke sini..
Tiket masuknya murah, pemandangannya indah, penduduk setempat (pedagangnya) ramah-ramah, dan cuacanya adem (cenderung dingin)..
Cocoklah lah bagi para pencari ketenangan, untuk sekedar bersantai dan mengalihkan pikiran dari stress nya pekerjaan atau rutinitas sehari-hari..